Wednesday, December 16, 2015

M.A.N.T.A.N.

Teman: kemarin ketemu si x dan emak nya.
Gw : trus?
Teman : yah gw langsung melipir secepat kilat.
Gw : kenapa?
Teman : males lah, ngapain?
Gw : menyapa aja kali. Emaknya kan baik sama kita.
Teman : kan gw uda ga sama anaknya. Males ah.
Gw :  yah uda putus trus ga temenan gt? Even sm emaknya yang super baik itu?
Teman : ga ada dalam sejarah hidup gw buat berteman sama mantan.
Gw : klo gitu jangan pacaran lagi yah.
Teman : kok gitu?
Gw: Kasian, ntar semua pria dan keluarganya bakal jadi musuh kamu klo dah jadi mantan. Pacaran sebulan, musuhannya seumur hidup.

Kira-kira itu sepenggal chat saya sama salah satu teman, dan disaat bersamaan saya lagi liat-liat galery foto dan menemukan poto-poto saya dengan mantan dan patner saya. Foto kami bertiga itu akhirnya saya kirim ke mantan pertama dengan caption, “tambahin poto kamu, pasti keren. Saya, patner, dan para mantans.” Yah, saya dan mantan-mantan saya yang Cuma 2 orang ini masih berteman dekat layaknya tidak pernah ada rasa sakit hati diantara kami. Tentu pernah ada rasa sakit hati, bahagia, cinta, dan ingin memiliki ketika kami bersama, tapi rasa itu kini berganti dengan rasa menyayangi yang jauh lebih besar dari saat kami berpacaran. Kami menjadi teman baik yang akan selalu saling mencari ketika salah satu dari kami membutuhkan satu sama lain. 

Bagi saya, mantan bukan Cuma sekedar seseorang yang pernah mengisi hati dan hidup saya diwaktu lampau. Tapi mereka adalah orang-orang yang sangat mengenal kepribadian saya selain diri saya sendiri. 

Bagi saya, Mereka kini bukan hanya sekedar teman, tapi penasehat, pembangkit semangat, pemberi inspirasi dan pereda kegalauan. 

Bagi saya, tidak ada alasan bagi patner saya untuk cemburu terhadap mereka, dan saya beruntung patner saya tidak lagi menganggap mereka musuh atau saingan. Dan mereka bisa berteman dengan atau tanpa saya.

Bagi saya, mantan saya dan keluarganya adalah keluarga saya. Mereka sampai saat ini menyayangi saya seperti keluarga sendiri. Dan saya juga menyayangi mereka.

Bagi saya, mereka memang mantan pacar, tapi mereka adalah teman-teman terbaik saya saat ini.

3 comments: