Tuesday, October 27, 2015

Cewe Matre.. Ke laut aje

"Cewek Matre..cewek matre
Kelaut aje"
Black Skin




Masih ingat lagunya cewek matre karya Black Skin tahun1996? Lagu ini cukup membekas di telinga saya sampe sekarang. Kenapa? Karena saya engga suka banget sama cewe matre, seperti kata lagu ini, cewe matre mah ke laut aja. Cewe matre membuat orang yang di matrein susah dan ga memberikan nilai tambah dalam bermasyarakat, mereka bagaikan rent seeker yang membuat produktifitas masyarakat yang di matrein menurun. Definisi cewe matre disini adalah seorang wanita yang tidak mau berusaha dan berusaha memanfaatkan uang kamu habis-habisan, sampai kamu merasa kesulitan keuangan.

Ah.. memangnya saya punya pengalaman di matrein cewe? Iya pernah  dan saya bersyukur saya mengalami kejadian di matrein pas lagi saya masih belum punya penghasilan, ketika belum berpenghasilan sendiri saya bukanlah orang yang terlalu menghargai uang.‎ Saya tidak ingin teman-teman semua terkena modus si cewe matre, maka dari itu saya coba menulis tentang ciri-ciri mencurigakan si cewe matre.

Ciri- ciri cewe matre yang saya kenal ini sih tidak bisa terdeteksi dari awal kita bertemu, karena cewe matre umumnya jaim dan terlihat mampu, bahkan mandiri. Kalian akan tahu ketika orang itu matre pada saat tiba-tiba duit kalian habis dengan sejuta alasan dari sang cewe matre. Kalian harus waspada kalo cewe yang kalian kenal adalah "cewe matre" berikut hal-hak yang mencurigakan, kalau berdasarkan pengalaman saya:

1. Ketika dia dan keluarganya selama kalian berkenalan tiba-tiba sakit terus menerus dan bergantian, nanti dia sakit perut, trus mamanya, trus papanya, dan adik2nya, waspadalah teman, bisa jadi kalian sedang terkena modus cewe matre
2. Ketika kalian ngumpul-ngumpul sama teman-teman terus tiba saat pas kalian harus bayar, tiba-tiba si cewe sok bego, bisa jadi dia sok ngerokok ato sok ke wc sehingga tagihannya dibayarin orang
3.‎Ketika dia selalu kehabisan pulsa, seminggu bisa minta beberapa kali isi pulsa, dan kalian jadi orang yang diminta tolong, bilangnya sih mau diganti, tapi ga diganti-ganti tuh
4.Ketika dia sok "galau" sok aka pura-pura galau, karena menginginkan sesuatu, si cewe matre akan memanfaatkan empati dari kalian, bisa jadi dia minta rebonding dan sok galau sama rambutnya biar dibayarin.
Ana: "Yank, rambut aku jelek bgt, aku bad hair day tiap hari kriting dan susah diatur gini huhu"
Me: "Ya udah kamu maunya gimana? udah jangan pusing lagi yaaa sayang"
Ana:"Akuu mauuu rebonding tapi aku ga punya duit"
Nah ini contoh percakapan yang menjurus ke modus cewe matre, waspadalah guys! Kalo diturutin bisa jadi besok, lusa, minggu depan dia minta keinginan lainnya diturutin juga.
5.Ketika dia selalu berkeluh kesah cari uang susah, betapa dia sudah berusaha untuk melamar kerja, dan ujung-ujungnya pinjem duit ke kalian. Yah, ga papa sih kalo kalian mau minjemin, iklaskan saja duitnya tapinya. Kalo uang kalian dipinjam si matre ga akan kembali deh

Begitulah ciri-ciri cewe matre teman-teman sekalian, menurut saya, sifat ini sudah tidak wajar ketika kalian membuat teman/ pasangan kalian jatuh miskin, misalnya dia sampai uang jajan/ gaji bulanannya habis untuk men treat kalian. Cewe matre disini bukanlah sekedar cewe "high maintenance"  yang membutuhkan perawatan ekstra itu lho ya, cewe tersebut ga termasuk kalo treatment tersebut adalah hasil dari kerja kerasnya sendiri, menurut saya itu wajar untuk merawat diri dan mengenakan barang barang branded . Yang tidak wajar adalah ketika kamu menjadi lintah temanmu/ pacarmu sendiri apalagi gebetanmu. 

Selalu ingat "There's no free lunch" kepada cewe-cewe matre di luar sana, kalo mau uang, usaha dong. Jangan cuma modusin orang- orang untuk mengeruk keuntungan sendiri

Salam,

Mel

1 comment:

  1. Ini ciri2nya akurat banget, Mell... dulu mantanku yang cewek matre itu sering banget "sakit" yang ujung2nya menguras kantong aku, deh... hahaha, kapok...!!

    ReplyDelete