Friday, October 23, 2015

COPYRIGHT ???




Jadi ketika makan bersama rekan - rekan kantor, tiba-tiba ada seorang teman yang marah karena melihat ada seseorang di medsos yang memposting gambar ucapan selamat dengan menjiplak design milik teman nya teman kantor saya ini. menurut si teman ini, orang tersebut sangat kurang ajar dengan memposting design tersebut tanpa mencantumkan sumbernya, bahkan dengan sengaja menghapus nama pembuat dan menggantinya dengan nama dia. Teman saya ini bahkan langsung mengirim pesan ke pembuatnya dan semakin kesal karna si pembuat Cuma menjawab, “ ya sudahlah, anggap aja amal jariyah”. 


Saya jadi teringat dengan salah seorang teman yang pandai menggambar dan beberapa hari lalu curhat ke patner karena gambar yang dia buat untuk undangan kakaknya diakui sebagai hasil design sebuah perusahaan photobooth dan di post ke medsos mereka. Ibu nya bahkan cerita sang anak sampai tidak mau makan dan menangis seharian. 

Seminggu sebelumnya, saya juga harus mendengar patner yang juga marah-marah akibat mantan kliennya membuka usaha penyewaan box seserahan seperti patner. Yang membuat patner emosi bukan karna si mantan klien ini membuka usaha yang sama, tapi karna dia memposting barang yang patner buat khusus untuk pernikahannya (secara gratis dengan harapan bisa bantu mempromosikan usaha patner) di akun medsos usahanya. Bahkan si mantan klien ini menyuruh teman-temannya untuk memata-matai harga dan service patner ke klien-klien. Dan jujur saya juga menjadi ikut kesal karna: pertama, orang itu memang keterlaluan dan kurang ajar; kedua, patner tidak hanya menelpon, bahkan chat via bbm, Wa, Line, sms dan video call hanya untuk cerita betapa marah dan kecewanya patner saya itu. Bayangkan sodara-sodara. Bahkan ketika bertemu dengannya saya juga harus mendengarkan semua curhatannya secara live selama 2 jam tanpa iklan. Diajak makan juga ga mau. Ditawarin creambath baru dia diam. Ternyata mendengarkan saja tidak cukup. #curcol.

Saya sendiri gimana? Saya juga pernah donk mengalaminya, secara saya bekerja di dunia kreatif.  Bagi anda yang mengenal saya, pasti anda membayangkan saya akan marah-marah bahkan membunuh yang melakukan itu ke saya. Tapi anda salah sodara-sodara. Saya hanya diam dan berpikir bagaimana caranya saya membuat sesuatu yang tidak bisa diduplikat oleh orang lain. Dan jika ada yang melanggar hak cipta saya, saya akan mengingat kalimat-kalimat yang saya ucapkan sendiri ketika mereka semua curhat. “ Didunia ini ada jenis manusia yang pintar dan berhati mulia, manusia yang pintar tapi tak punya hati, orang bodoh yang punya hati, dan orang bodoh yang tidak punya hati. Silahkan kamu kategorikan saja orang-orang itu dalam kategori manusia yang seperti apa. Dan memarahi orang bodoh atau tak punya hati itu hanya menghabiskan waktu kita dengan sia-sia. Biar Tuhan Yang Balas”.

No comments:

Post a Comment