Friday, October 23, 2015

Tentang Patah Hati

Hayo ngaku, kalian semua pasti pernah mengalami patah hati kan? Kalau belum pernah mengalami patah hati berarti jangan sok tahu rasanya jatuh cinta. Tapi tidak apa apa, biasanya memang orang yang lagi patah hati suka denial sama perasaannya, suka sok kuat padahal hatinya hancur kayak bubur yang dilebur. Tapi memang ada juga beberapa orang yang dengan gamblang menunjukan kehancuran hatinya. 

Patah hati memang beda beda efeknya ke setiap orang. Tapi saya percaya, manusia, siapapun anda akan move on pada waktunya. Pada intinya memang semua tentang waktu, karena move on adalah sebuah proses. Tapi memang, melewati prosesnya itu yang perih dan ada beberapa orang menghabiskan waktu lebih banyak untuk bisa move on karena terjebak di fase fase tertentu dalam proses itu sendiri sehingga hanya focus ke rasa sedih yang membuatnya semakin terpuruk.

Gagal Move On adalah momen yang paling tidak mengasyikan, jadi satu hal yang harus kita sadari agar cepat move on adalah berhasil tidaknya suatu hubungan itu pastinya andil dari keduabelah pihak. Jadi alih alih menyalahkan orang lain atau menyalahkan keadaan sebaiknya kita belajar untuk berdamai dengan diri sendiri karena sebagai orang dewasa kita bertanggung jawab atas kebahagian diri kita sendiri. 

Kebahagian yang hakiki adalah milik diri kita sendiri, orang lain hanya bisa menambahkan atau mengurangi kebahagian kita, mungkin secara teori seperti itu tapi pada kenyataannya saat kita sedang sedih kitalah satu satunya orang yang harus disalahkan atas berkurangnya kebahagian itu. Bertambahnya kebahagian bisa jadi karena faktor dari luar tapi berkurangnya kebahagian diri mutlak berasal dari dalam diri sendiri. Kita mungkin tidak bisa menolak kebahagian tapi kita punya pilihan untuk tidak terus terus-an bersedih.

Buatlah dirimu lebih bahagia dengan berhenti menyalahkan orang atau keadaan atas kemalangan yang menimpamu, maafkan dirimu dan doakan mereka yang telah membuatmu sakit hati. Dengarkan musik yang membuatmu berjingkrak jingkrak dan menangislah yang keras untuk lepaskan rasa sakitmu. Kemudian bangkit dan lihatlah dunia luar. Kunjungi keluargamu, temui teman temanmu, berbincanglah dengan random people dan dengarkan betapa unik sudut pandang mereka.  Lawan ketakutanmu dengan melakukan hal hal baru atau hal hal yang kamu takuti sebelumnya. Sayangi dirimu dengan berolah raga dan merawat diri. Belilah pakaian baru dan lakukan apapun untuk membuatmu lebih percaya diri. Lalu tersenyum dan berbahagialah hingga kamu lupa pedihnya patah hati.

No comments:

Post a Comment