Friday, February 12, 2016

Menjelang 30

*Psikotes day*

Psikolog : “Silahkan menuliskan siapa yang anda gambar dan berikan 5 kelebihan  dan 5 kekurangan tentang orang yang anda gambar.”

Saya : *mulai menulis 

Saya mengambar : “Diri saya sendiri”

Kelebihan :

1.      Bergerak cepat

2.      Mandiri  

3.      Bertanggung jawab

4.      Disiplin

5.      Tegas

Kekurangan:

1.      Mudah marah

2.      Tidak sabar

3.      Boros

4.      Mudah panik

5.      Kurang empati


Kira-kira seperti itulah yang saya tulis ketika saya mengikuti psikotes beberapa waktu lalu. sangat mudah bagi saya untuk menuliskan kelebihan dan kekurangan diri saya sendiri di usia ke 25 tahun, saya merasa harus mempelajari kenapa saya memiliki kepribadian seperti ini. Hanya agar saya bisa menjadi lebih baik ketika saya berumur 30 nanti. Di tahun 2016 dan menjelang 30 tahun hidup saya ini, saya masih belum bisa merubah 5 kekurangan saya.  Hanya saja saya sudah bisa menabung sedikit demi sedikit dan membeli mainan secukupnya. Saya tidak lagi terlalu mudah marah untuk hal-hal sepele, dan saya memilih untuk mengalihkan amarah itu dengan bekerja lebih banyak. Saya sudah bisa mentolerir menunggu 30 – 40 menit. Saya sudah bisa mengalihkan panik saya dengan mengerjakan hal yang saya bisa kerjakan daripada saya panik. Dan saya sekarang sudah bisa merasa sedikit kasihan dengan orang lain.

Sedikit aja sih. 

Lao Tze  pernah berkata : 
“Orang pada umur 20 tahun belajar bijaksana,
orang umur 30 tahun tumbuh bijaksana,
orang umur 40 tahun merasa bijaksana,
orang umur 50 tahun mencoba bijaksana
orang yang berumur 60 tahun mulai bijaksana
Dan orang berumur 70 tahun baru bijaksana”.


Memasuki masa tumbuh bijaksana, "Vivat ad multos annos, ad summam senectutem”. Semoga saya hidup panjang umur mencapai usia tertua dan bijaksana.

No comments:

Post a Comment