Sunday, July 24, 2016

Excellence



Excellence

“The different between something good and something great is attention to detail”

Banyak orang ketika sudah rutin melakukan suatu hal, kerjaan, hubungan, keluarga, jadi lupa untuk memperhatikan hal-hal yang detail yang membuat segala sesuatunya makin berkembang jadi lebih baik. Hal tersebut akhirnya membuat kita cuma jadi bagus, dan bukan jadi luar biasa.

Gw melihat dengan mata gw, banyak orang yang puas dengan standar rata-rata. Banyak orang yang mikirnya “Ya udah deh segini aja udah cukup” ngapain gw kasih lebih? Cukup mengerjakan sesuatu yang diminta. Atau di kerjaan gw, ya udah, udah gw nulis outlook, liat-liat berita, presentasi, ya gw jalanin apa yang disuruh aja dong, ngapain gw berusaha untuk lebih? Kalo masih mikir kaya gitu, jangan heran kalo posisi lo masih disitu-situ aja. Dan hidup lo gitu-gitu aja dan ga ada naiknya, berarti lo harus bertanya sama diri lo sendiri, sudahkah lo mengerjakan yang lo kerjakan dengan hati?

Excellence adalah suatu semangat untuk melakukan sesuatu diatas rata-rata, mengerjakan segala sesuatu diatas yang diminta. Kita tentunya bisa liat di lingkungan kita, banyak orang yang malas dan milih menjadi biasa aja. Padahal malas dan menjadi excellence itu 2 hal yang bertolak belakang. Gimana bisa maju kalo dikasih kerjaan banyak dikit udah ngeluh? Semangat kita untuk mengerjakan sesuatu untuk menjadi orang yang lebih baik, dan menggunakan hati kita, bukan hanya karena disuruh dan digaji, tetapi karena kita mencintainya dan menggunakan hati kita.

  • Look at your hand, what do you have? Kekuatan itu yang harus dimaksimalkan, jangan iri sama kehidupan orang lain, atau sama yang dimiliki orang lain. Tetapi liat ke dalam diri kita, sudahkah kita seniat dan sebagus orang itu untuk mencapai apa yang dia capai? Yang harus kita saingi untuk lebih baik dari hari ke hari adalah diri kita sendiri. Kenali kekuatan dan kelemahan kita, kita bisa fokus di dalam kekuatan kita untuk pekerjaan kita.

  • Think big, start small  Kita memang harus berpikir besar, namun untuk memulai segala sesuatu yang besar, jangan tunggu sampai hal yang besar ada di tangan kita. Seperti usaha gw untuk menjadi rapi, meski memang saya orangnya super berantakan, gw pengen jadi orang yang lebih rapi dan disiplin. Atau ketika kamu mau deketin orang yang cantik dan baik hati, kamu bisa mulai dengan pertemanan, dan engga langsung menyatakan “Saya suka sama kamu”,bisa langsung ditolak ntar, hehehe. Jadi mulailah semua dari yang kecil, yang bisa kita improve dari hari ke hari. Sama halnya dengan memulai sesuatu dari hal kecil, persoalan besar pun muncul dari persoalan-persoalan kecil yang tidak diperhatikan. Contohnya kalau seseorang memutuskan untuk berhenti mencintai orang lainnya, apakah hal tersebut terjadi dalam 1 malam saja? Gw rasa enggak, gw rasa hal tersebut merupakan akumulasi dari kejadian yang ada, seperti misalnya lupa akan hal-hal kecil seperti lupa ulang tahun, kerjanya ngeluh-ngeluh dan jutekin pacar, menyalah-nyalahkan pacarnya bukan cari solusi. Hal tersebut bisa berdampak ke hilangnya perasaan. Jadi daripada menyalahkan pacarmu, mungkin ada baiknya kita juga berkaca pada diri sendiri, sudahkah saya jadi orang yang baik buat dia?
  •    Excellence bukan kesempurnaan, sempurna berarti tidak memberikan peluang untuk melakukan kesalahan, tetapi excellence membutuhkan kegigihan untuk tidak menyerah meski kita bertemu dengan kegagalan. Excellence bukan berarti mewah, tetapi memberikan yang terbaik terhadap apa yang Tuhan taruh di tangan kita, memberikan hati untuk pekerjaan kita.

  •  Remember your God, jangan pernah sombong terhadap apa yang kita punya,  semua datangnya dari Tuhan. Godaan selalu ada, banyak dari kita yang tidak mau bertanggung jawab terhadap apa yang sudah kita lakukan dan melempar tanggung jawab. “Just because  you can, it doesn’t mean you that you have to do it”  Kita harus ingat untuk selalu mengembangkan karakter yang baik, untuk membantu orang-orang yang membutuhkan kita dan mengembangkan sikap bertekun, bersabar, tahan uji dan setia. Kita harus menjalani prosesnya karena hidup adalah tentang perjalanan dan tujuan kita.

Sudahkah kita siap untuk menaikkan standar kita jadi excellence?

Sudah lama saya engga nulis di blog genk berisik ini. Dan saya terharu, ada beberapa orang yang membaca blog ini. Kami semua berusaha terus memberikan yang terbaik untuk teman-teman. Review film, cerita kehidupan, atau tulisan lucu sam sebisa mungkin akan ditampilkan secara rutin. Sudah 1 taun blog ini dibuat oleh kami, sebagai sarana untuk menulis dengan lebih baik juga.

No comments:

Post a Comment