Tuesday, September 6, 2016

Tentang Larangan Merokok


'Jangan ngerokok mulu tar cepet mati'
Kalimat ini tentu sering kita denger. Hmm, saya bukan perokok tapi menurut saya lucu aja ada orang yang mengkait-kait-kan rokok dengan kematian. Memang benar, rokok berbahaya mengandung racun yang mematikan. Tapi tidak semua perokok akan mati karena rokok kan? karena ketika Tuhan menciptakan manusia, Tuhan pasti sudah menetapkan segalanya, siapa jodoh kita, kapan kita menikah dan berapa jatah umur kita di dunia termasuk penyebab kematian kita nanti. Itu semua sudah tertera di surat takdir yang Tuhan telah tetapkan.
Melarang orang untuk tidak merokok itu baik, tapi menurut saya sebaiknya ketika melarang janganlah terlalu ekstrim sampai sok tahu dan berlagak seperti Tuhan. Mengingatkanlah dengan sopan, tegurlah secara halus dengan begitu orang yang ditegur juga tidak sakit hati. Pernah denger kan ketika peroko bilang 'gw gak bisa mikir nih kalo gak sambil ngeroko' makanya kita harus kasih alasan alasan lebih logis dan sederhana untuk memberitahu  mereka karena perokok biasanya tidak bisa bepikir jernih, karena otaknya sudah terkontaminasi nikotin, cafein dan tar. Makanya ada perokok yang rela tidak makan cuma demi bisa ngeroko. 
Mari kita support orang orang tersayang untuk tidak merokok dengan pendekatan taktis, pendekatan taktis bisa dengan mengkodisikan keadaan si perokok, seperti moodnya, dikasih pengertian sesuai dengan tipe orang dan minatnya, karena ketika kita mengetahui minat si perokok kita bisa mulai dari sana untuk mengencourage untuk berhenti merokok. 

1 comment: