Sunday, January 24, 2016

Tentang Kebohongan

Kebohongan tetaplah kebohongan demi alasan apapun. White lies itu hanya istilah yang kita pakai untuk melindungi diri kita sendiri dengan alasan agar tidak menyakiti seseorang  atau yang lebih hina ketika kita berdalih kebohongan yang kita lakukan semata mata untuk kebaikan orang itu sendiri. 

Entah pemikiran kerdil darimana ketika kita menggangap kebohongan tidak akan menyakiti siapapun. Tidakkah kita sadar semua kekacauan didunia ini berawal dari semua kata kata dusta. Bahkan Adam diusir dari surga karena termakan dusta dari sang iblis. Tidakkah kita mengerti rasa sakit dari dibohongi berkali kali lipat rasanya daripada rasa sakit dari ketika kita tidak siap menerima kenyataaan. Tidakkah kita terbebani dengan lapisan lapisan kebohongan yang kita pakai.

Kita sebagai mahluk yang kompleks, kadang dalam berhubungan dengan orang lain selalu menuntut orang lain untuk memenuhi keinginan ideal kita. Kita yang berbohong sering kali melakukan kebohongan yang lebih besar agar semuanya sesuai dengan idealisme yang kita anggap paling benar. Ketika kebohongan kita terungkap, kita akan meminta diberi kesempatan dan memohon diberi lagi sedikit kepercayaaan untuk tidak berbohong (lagi). Dan sialnya kita kadang terlalu focus untuk mendapatkan kepercayaan tapi kita lupa bahwa menjaga kepercayaan jauh lebih lebih sulit daripada mendapatkan kepercayaan itu sendiri. 

Kebohongan dan kepercayaan adalah seperti 2 mata pisau, terlalu percaya dan terlalu banyak berbohong sama sama punya efek yang tidak baik bagi kesehatan jiwa. Hindari berkata dusta dan hargailah kepercayaan yang diberikan sebagaimana kita menjaga sebuah amanat, karena kepercayaan adalah selayaknya sebuah amanat.

No comments:

Post a Comment